OPINI Etika Bisnis #



Nama              : Ni.Nengah Rosliana Bintari
NPM               : 17214906
Kelas               : 3EA04
Mata Kuliah  : Etika Bisnis

Budaya Organisasi dan Perusahaan, Hubungan Budaya dan Etika, Kendala dalam Mewujudkan Kinerja Bisnis.
            Budaya organisasi merupakan sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya. Sistem makna bersama ini adalah sekumpulan karakteristik kunci yang dijunjung tinggi oleh organisasi.
            Hubungan Etika dengan Budaya, Etika erat kaitannya dengan moral. Etika selalu berhubungan dengan budaya karena merupakan tafsiran atau penilaian terhadap kebudayaan. Baik buruknya suatu perbuatan itu tergantung budaya yang berlaku.
            Terdapat juga kendala dalam mewujudkan kinerja bisnis yaitu :
1.      Standar moral para pelaku bisnis pada umumnya masih lemah.
2.      Banyak perusahaan yang mengalami konflik.
3.      Situasi politik dan ekonomi yang belum stabil.
4.      Lemahnya penegakan hukum.

Hubungan Perusahaan STAKEHOLDER/CSR
            Stakeholder adalah individu atau kelompok yang berkepentingan didalam sebuah perusahaan dimana terjadi hubungan saling ketergantungan dalam perusahaan tersebut. Pemilik, karyawan, kreditor, pemasok dan pelanggan merupakan wujudan dari stakeholder, dimana terjadi hubungan saling keterkaitan secara langsung maupun tidak langsung dalam menjalankan suatu perusahaan.
            Dari sini kita dapat memahami bahwa adanya stakeholder dapat memberikan suatu kotribusi yang baik dalam menjalankan suatu perusahaan dimana perusahaan tersebut juga bergerak sebagai Stakeholder.

Jenis Pasar, Etika dalam Pasar Kompetitif dan Etika dalam Pasar Global
            Pasar global merupakan pasar berskala dunia yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha. Kompetisi global adalah bentuk pesaingan yang mengglobal, yang melibatkan beberapa negara. Dalam pesaingan itu, maka dibutuhkan trik dan strategi serta teknologi untuk bisa besaing dengan negara-negara lainnya. Adanya kompetisi global, memberikan dorongan pada usaha-usaha di Indonesia untuk tetap eksis ditengah pesaingan dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KERUPUK OPAK

MAKALAH RANGKUMAN MATERI ETIKA BISNIS #

PUISI "Mari Membaca"